Profil

SEJARAH 

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) diselenggarakan oleh STAIN Kudus sejak 1997. Kini telah terakreditasi dua kali oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan dinyatakan sebagai program studi sehat dan kredibel di bidangnya.
 
Prodi PAI telah meluluskan sarjana bidang pendidikan Islam lebih dari 7.676 orang, dan sekarang mendidik 2.434 mahasiswa di Tarbiyah STAIN Kudus.
 
Pendidik merupakan dosen berkualifikasi magister dan doktor di bidangnya masing-masing. Kompetensi dosen selalu diasah dengan berbagai pelatihan, pendidikan, workshop, seminar, penelitian, dan studi lanjut pada program doktor dan karir sebagai guru besar atau profesor.
 
Alumni dari Prodi PAI berkarir diberbagai macam sektor pendidikan formal dan nonformal, misalnya sebagai dosen di perguruan tinggi, sebagai kepala sekolah dan guru di sekolah/madrasah, sebagai widyaiswara di lintas kementerian dan dinas di pemerintah pusat maupun daerah, serta menjadi pongasuh dan pendidik di madrasah diniyah, TPQ, dan pesantren. 

KURIKULUM PRODI PAI

Kurikulum Program Studi PAI terdiri dari 63 mata kuliah, 155 sks, dan terbagi menjadi mata kuliah rumpun pengetahuan umum, pengetahuan keislaman, pengetahuan kependidikan, dan keterampilan praktis.
 
Kurikulum pertama 1997 telah ditinjau ulang dan dikembangkan menjadi kurikulum 2002, kemudian dikembangkan lagi menjadi kurikulum 2008.
 
Waktu tempuh menjadi sarjana pendidikan Islam 8 semester

Pengumuman

Download